Jumat, 25 Oktober 2013

Refleksi Kedua Kuliah Filsafat Ilmu - BAHASA ANALOG: Orang Paling Seksi

Diposting oleh Fa di 06.08


Bahasa analog adalah bahasa yang digunakan pada kondisi tertentu sehingga orang lain tidak memahaminya. Tujuan dari bahasa analog adalah untuk mengkomunikasikan hal-hal di dimensi yang berbeda. Bahasa analog ini bukanlah sekedar pengandaian, akan tetapi untuk memahaminya kita memerlukan beberapa tahapan pemikiran dan juga pengalaman. Analogi adalah sebuah konsep bahasa yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu agar lebih mudah dimengerti dengan cara mengambil kesamaan dengan hal yang lain. Sehingga, bahasa analogi adalah sebuah ungkapan dari suatu kasus yang digunakan untuk menjelaskan kasus yang lain yang memiliki suatu kesamaan. Pada bahasa analogi, dua kasus tersebut lebih dilihat pada aspek kesamaannya, sehingga kasus yang akan dijelaskan akan lebih mudah untuk dimengerti. Berfilsafat bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan hal-hal pada dimensi tertentu kepada orang lain. Berikut akan diuraikan contoh dari bahasa analog dalam filsafat.
Setiap orang di dunia ini hidup dengan cinta. Cinta ini yang kemudian menimbulkan sebuah rasa untuk mencari kekasih hati kita. Tentunya dengan adanya cinta itu, setiap orang akan memiliki kekasih. Kekasih ini pastilah kita pilih berdasarkan keseksiannya. Keseksian ini bergantung pada pandangan masing-masing orang. Bisa seksi dilihat dari pemikiran, kedewasaan, kebijaksanaan, dan lainnya, sesuai dengan kriteria yang sudah kita tetapkan dalam hati kita. Apabila kita memiliki seorang kekasih, pastilah semua yang diinginkan oleh kekasih kita akan kita penuhi. Tidak peduli, apapun itu yang diinginkan oleh kekasih kita, selama kita mencintainya, kita pasti akan memenuhinya. Oleh karena itu kekasih adalah orang yang sangat berkuasa atas diri kita, selama kita memilihnya sebagai kekasih kita. Itulah yang dimaksudkan dari bahasa analog orang paling seksi, yaitu orang yang paling berkuasa atas diri kita.
Orang paling seksi bisa dicari di lingkup tertentu dalam kehidupan kita. Tentunya orang paling seksi di keluarga kita adalah ayah, karena ayah adalah imam dalam keluarga, yang menentukan kebijakan-kebijakan dalam keluarga. Orang paling seksi dalam sebuah kota adalah wali kotanya, karena ia adalah pemimpin dari kota tersebut. Orang paling seksi di Indonesia tentunya adalah presiden Indonesia, karena presiden Indonesia adalah pemimpin negeri ini. Berhubung saat ini presiden Indonesia adalah Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, oleh karena itu orang paling seksi di Indonesia adalah Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan siapa orang paling seksi di dunia? Tentu saja Barrack Obama. Mengapa? Karena dia adalah pemimpin dari Negara adikuasa di dunia ini, Amerika Serikat. Kebijakan-kebijakan yang ia ambil akan mempengaruhi kehidupan manusia di dunia ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Lika Liku Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea