Developing Teacher
Training Textbooks for Lesson Study in Indonesia
Oleh: Dr. Marsigit,
M.A
Ikhtisar oleh:
Fauzia Rahmawati (09313244001)
Reformasi
pendidikan dan pendidik sekarang ini sedang berkembang di Indonesia. Hal ini
menyebabkan pengembangan buku pelajaran sebagai salah satu bagian penting dari
pekerjaan guru untuk mengembangan aktivitas pembelajaran.
Beberapa
cara untuk mengembangkan proses belajar mengajar antara lain: 1) Perencanaan;
2) Manajemen kelas; 3) Siswa mengembangkan pengetahuannya; 4) Penggunaan sumber
belajar; 5) Pengembangan pengetahuan dan ketrampilan IPTEK.
Beberapa
aspek dalam pengembangan buku pelajaran antara lain: 1) Kebijakan publikasi
buku pelajaran; 2) Pengembangan buku pelajaran bagi guru; 3) Pengembangan buku
pelajaran bagi siswa; 4) Pendistribusian dan penyediaan buku pelajaran.
Sedangkan
kebijakan pemerintah nasional tentang buku pelajaran antara lain:
1.
Tidak adanya monopoli pengadaan buku pelajaran nasional;
2.
Sekolah memilih sendiri dan menggunakan buku pelajarannya
dalam kurun waktu 5 tahun;
3.
Siswa bebas untuk memilih dan membeli buku pelajarannya;
4.
Guru tidak diperkenankan untuk menjual buku pelajaran;
5.
Sekolah diharuskan menyediakan buku pelajaran untuk siswa
yang kurang mampu;
6.
Kementerian pendidikan memiliki hak untuk menggandakan,
menerbitkan, dan menjual buku pelajaran dalam harga yang murah;
7.
Kementerian pendidikan mendukung darah-daerah untuk
memiliki toko buku sendiri
Dengan
pelaksanaan pengembangan buku pelajaran, maka guru mampu mengembangkan beberapa
kompetensi, antara lain motivasi siswa, teori pembelajaran, sistem pengalaman
siswa, pengalam berkomunikasi, tingkah laku, praktek, dan pengalaman individu
siswa.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.