DEVELOPING MATHEMATICS
EDUCATION IN INDONESIA
Oleh: Dr.Marsigit
Ikhtisar oleh: Fauzia Rahmawati
(09313244001)
Kerjasama antar
institusi pendidikan untuk mencari model alternatif dalam rangka mencari acuan
pendidikan dari luar negeri memiliki beberapa keuntungan, antara lain: 1) dapat
mendiskusikan dan mengembangkan pelaksanaan kurikulum yang mencakup
pengembangan buku panduan, materi pelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi;
2) menambah pengalaman untuk pendidik matematika dan ilmu pengetahuan alam; 3)
meningkatkan kualitas pengajaran dan perangkat laboratorium; 4) memecahkan
permasalahan matematika dan ilmu pengetahuan yang ditemui di sekolah; 5) saling
bertukar saran mengenai cara-cara meningkatkan pendidikan matematika dan ilmu
pengetahuan alam; 6) bertemu dengan kelompok matematikawan dan ilmuwan.
Pertukaran
pengalaman antar institusi pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara,
antara lain: 1) Menghadiri seminar dan workshop; 2) Mengikuti kegiatan
penelitian; 3) Mempublikasikan hasil penelitian dan jurnal yang telah dibuat;
4) Melakukan program kerjasama antar institusi pendidikan. Keunggulan pendidikan
di Jepang yang bisa kita contoh antara lain: 1) Rata-rata kemampuan guru dan
kelas sangat tinggi; 2) Ketepatan desain kelas dan sistem pengajaran; 3)
Perlengkapan pendidikan sangat lengkap; 4) Guru-gurunya sangat rajin; 5) Penjalanan
asas-asas kehidupan; 6) Responsibilitas guru sangat tinggi; 7) Latihan-latihan
yang diberikan guru baik; 8) Guru sekolah umum harus berpindah ke sekolah lain
dalam tiap beberapa tahun sekali.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.