Minggu, 11 September 2011

Kuliah Bahasa Inggris I (4)

Diposting oleh Fa di 08.04

The Effort To Increase The Student’s Motivation In Mathematics Learning With Some Teaching Aids In Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
Oleh: Marsigit
Ikhtisar oleh: Fauzia Rahmawati (09313244001)

Keberhasilan dari proses belajar mengajar di dalam matematika tidak bisa terlepas dari peran guru sebagai informator, komunikator, dan fasilitator. Metode mengajar yang dipilih oleh seorang guru sangat mempengaruhi interaksi antar guru, murid, dan prestasi dari pembelajaran matematika tersebut. Hingga sekarang, masih banyak keluhan dari siswa bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sangat mengerikan, tidak mengasikkan, sulit untuk dikerjakan, dan tidak berguna untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari hasil Ujian Nasional, dimana nilai matematika masih jauh dari target, akan tetapi masih ada pula siswa yang suka dengan matematika, dilihat dari prestasinya yang membanggakan.
Salah satu usaha yang bisa dilakukan oleh guru SMP dalam meningkatkan motivasi belajar siswanya adalah dengan menjalankan proses belajar matematika yang menyenangkan dan kontektual dengan kehidupan siswa sehari-hari. Dalam usaha membuat proses belajar menjadi menyenangkan, hendaknya seorang guru memaksimalkan penggunaan model matematika dan pendemonstrasian dari media pembelajaran, sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi yang sedang diajarkan.
Karena siswa di Sekolah Menengah Pertama berusia sekitar 12-15 tahun, maka menurut perkembangan kognitif dari Piaget, pada usia tersebut siswa masih dalam tahap mulai memahami operasi formal, yaitu membandingkan, mendiskusikan, dan membuat kesimpulan. Karena ada perubahan pemikiran antara pemikiran konkret ke pemikiran abstrak, maka siswa membutuhkan suatu alat bantu yang dapat membantu mereka memahami materi.
Penelitian yang dilakukan di SMP N 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan tujuan menanggulangi permaslahan-permasalahan yang terdapat di dalam kelas. Data diperloleh dari aktifitas-aktifitas yang dilakukan di dalam kelas dan quisioner yang diberikan kepada siswa yang berisi mengenai motivasi siswa dalam proses pembelajaran matematika ataupun dalam diskusi.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dengan menggunakan berbagai alat bantu pembelajaran seperti karet gelang, kartu permainan, LKS, kertas transparan, dan lain-lain ternyata mampu meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasil tersebut, maka peneliti (Marsigit dan Ida Supadmi) menyarankan agar guru matematika di tingkat SMP dalam proses belajar mengajarnya hendaknya menggunakan berbagai variasi untuk memotivasi siswa, menghindari kebosanan siswa, dan juga selalu menggunakan alat peraga secara optimal untuk menjelaskan konsep, gagasan, definisi, ataupun langkah-langkah tertentu, agar siswa lebih mudah menerima materi yang diajarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Lika Liku Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea