Developing School Based
Curriculum For Junior High School Mathematics In Indonesia
Oleh: Dr. Marsigit, M.A
Ikhtisar oleh: Fauzia Rahmawati
(09313244001)
Kebudayaan Indonesia
dari waktu ke waktu senantiasa berubah begitu cepat secara dinamis, mencakup
semua aspek kehidupan termasuk pendidikan. KBK bisa menjadi titik awal bagi
guru matematika di Indonesia untuk merefleksikan dan mengubah paradigma
lamanya. KBK mendukung guru untuk senantiasa mengevaluasi kelebihan dan
kelemahan dari pendekatan kurikulum lama dan baru, yang berguna untuk membantu
mempersiapkan keahlian-keahlian apa saja yang diperlukan. Melalui kurikulum
baru ini, guru-guru harus senantiasa merespon berbagai kebutuhan siswa secara
individual, tidak lagi dalam lingkup kelas, karena tiap siswa membutuhkan
hal-hal yang berbeda untuk memaksimalkan proses belajarnya. Kurikulum ini juga
mengharuskan kementrian pendidikan Indonesia untuk lebih mengecek secara
mendalam akan pelaksanaan KBK di dalam kelas.
Berdasarkan pengawasan
akan pelaksanaan KBK yang telah dilaksanakan, dapat dirangkum bahwa masih ada indikasi-indikasi
dari guru, siswa, dan lingkungan yang tidak bisa berjalan secara optimal sesuai
dengan asas-asas KBK. Kurikulum baru ini menunjukkan bahwa jika kita ingin
menjalankan kurikulum yang lebih baik dari sekarang, maka kita harus senantiasa
membuat berbagai macam inovasi-inovasi pendidikan. Beberapa hal yang harus
diperhatikan oleh pemerintah antara lain: 1) mengkaji ulang peran guru, yaitu memfasilitasi
siswa untuk belajar; 2) mengkaji ulang peran kepala sekolah, yaitu mendukung
guru untuk mengikuti penelitian, pelatihan, dan seminar; 3) mengkaji ulang peran
sekolah, yaitu mempromosikan kurikulum berbasis manajemen; 4) mengkaji ulang
peran pengawas, yaitu mereka harus memiliki latar belakang pendidikan yang sama
dengan guru, sehingga lebih memahami apa yang mereka awasi; 5) mempromosikan
kolaborasi yang baik antara sekolah dan universitas; 6) mengkaji ulang sistem
ujian nasional.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.